Download

Senin, 22 Oktober 2012

Jual Kayu Kelapa



Untuk membangun sebuah Bisnis Kayu Kelapa diperlukan keuletan dan ketekunan memahami seluk beluk tentang Kayu Kelapa. Tidak hanya diperlukan modal tetapi juga waktu untuk berproses. Bisnis Kayu Kelapa memang masih besar peluang untuk membuat bisnis ini karena persaingan masih sangat sedikit karena terkendala bahan baku yang semakin menipis.

Dalam membangun sebuah rumah kebanyakan pemilik pasti memilih kayu-kayu yang kualitas terbaik yang mungkin harganya relatif mahal. Tetapi bagaimana jika kita ingin membangun sebuah rumah dengan dana yang terbatas?
Apakah mungkin mendapatkan rumah yang indah dengan kualitas baik?

Kayu Glugu / Kayu kelapa merupakan salah satu komponen dalam membangun rumah dengan dana terbatas tapi mempunyai kualitas yang cukup apik.
Kayu Kelapa yang murah ini bisa tampil sangat cantik jika kita sedikit kreatif dalam melakukan sentuhan akhir (finishing). Kayu Kelapa jika digunakan sebagai pagar bisa tampil sangat kekar. Jenis kayu kelapa ini memiliki urat-urat kayu yg sangat kasar dan serat serabut.
Hal inilah yang membuat Pak Munir  mencoba memasuki bisnis kayu kelapa (glugu). Dalam pembangunan rumah sebenarnya banyak material yang bisa digunakan sebagai alternatif dalam membangun rumah.

Bermula Bisnis dari Nol

Usaha kayu yang dikerjakan sendiri oleh P.Munir bermula mencoba usaha kayu kelapa ini karena pada saat itu belum ada yang berjualan Kayu Kelapa Kalimantan. Tempat produksi sekaligus kantornya dijadikan di satu tempat, yakni di dsn.Pule Ds.Tanjung Gunung Kec. Peterongan kab. Jombang.
Asal mula nama UD.Raihan Jaya terinspirasi terinspirasi dari anak pertamanyan yang bernama Raihan. Hal ini disebabkan karena ayah P. Munir masih dikaruniani  1 orang anak yang masih kecil sekitar berumur 2 tahun. Produk yang dijual dari Kayu Kelapa antara lain berupa Kayu Reng, Kayu Balokan, dan Kayu Usuk.

Untuk membuka usaha ini pastilah dibutuhkan modal yang tidak sedikit, selain itu dibutuhkan juga kemampuan untuk melihat maupun memahami kondisi, mutu dan kualitas kayu. Lokasi toko juga menentukan rame sepinya usaha ini.pada saat pertama usaha ini di dsn. Banjaranyar Sumber agung yang letaknya masih di pedalaman desa dan harus menyebrangi jembatan yang panjang, dan mobil puso yang mengangkut Kayu Kelapa tidak berani untuk menyeberang dikarenakan kekuatan jembatan yang sudah tua dan kalau terlamu lama dilintasi akan mengalami ambrol, untuk menghindari jembatan tersebut maka terpaksa P.Munir memindahkan lokasinya ke tempat yang tidak melintasi jembatan tersebut dan letaknya lebih strategis dekat dengan area perkotaan.

“Selain itu kita juga perlu tahu harga pasaran untuk setiap itemnya”, begitu kata Pak Sutrisno.Untuk ukuran Kayu Kelapa yang kita potong sebagai berikut:

Blandar : 8cm x 12 cm dengan panjang kayu 3m, 4m, 5m, 6m
Usuk : 4cm x 6cm dengan panjang kayu 3m, 4m, 5m


Biasanya kayu glugu yang akan diolah didapat dari Perkebunan di Kota Banjarmasin - Kalimantan Selatan. Semua proses produksi dilakukan di rumahnya. Proses produksi ditangani langsung oleh Pak Munir dibantu dengan satu pegawai selaku sopir yang bertugas mengantarkan pesanan kayu kepada konsumen.

Tidak Menggunakan Promosi Besar-Besaran
Pak Munir tidak menggunakan promosi secara besar-besaran untuk memasarkan produknya. Konsumen biasanya langsung  datang sendiri ke tempat usahanya ini. Selain itu konsumen biasanya juga berasal dari daerah sekitar karena konsumennya sebagian besar merupakan kontraktor maupun pemborong bangunan.
Selalu menyediakan stok yang cukup merupakan salah satu cara pak Munir untuk menarik konsumen. Hampir dalam satu minggu habis sekitar 3 Mobil Puso. Sehingga jika konsumen datang memesan, konsumen juga bisa melihat secara langsung produk yang ditawarkan dari Kayu Kelap ini.

Dan website ini http://www.jualkayuglugu.com  salah satunya sebagai media promosi, dan sudah bnyak pelanggan konsumen yang mengetahui usaha kayu kelapa p.munir.  tidak hanya dari kota jombang melainkan seluruh dunia dapat mengakses website P.Munir dengan mengetik kata kunci di goolge "Jual Kayu Glugu" ,"Jual Kayu Glugu Kalimantan" dan akan terlihat nomor satu di halaman pertama di google. Sehingga memudahkan pemasaran Bisnis Usaha Kayu Kelapa.

Tak jarang juga Pak Munir memberikan diskon kepada konsumen yang membeli produk dari Kayu Kelapa ini. Pelayanan yang ramah dan baik menjadi syarat utama dalam menjalankan usaha ini. Selain itu Pak Munir juga berusaha mengirimkan pesanan sesuai dengan perjanjian dan tepat pada waktunya.

Kendala
Kendala yang mungkin dirasakan sangat berat oleh Pak Munir, yaitu ketika sang pegawai tidak datang. Jadi semuanya dikerjakan sendiri oleh Pak Munir. Selain itu jika kayu glugu masih dalam batangan, Pak Munir harus memotong terlebih dahulu.
Setelah kayu glondongan tadi sudah dipotongi, barulah bisa dijual ke konsumen. Akan tetapi kurang lebih 7 tahun belakangan ini, kayu-kayu dari agen pak Munir sudah banyak yang berupa potongan, sehingga tidak terlalu menyulitkan Pak Munir.
Untuk kedepannya Pak Munir berencana mewariskan usaha Kayu Kelapa ini kepada anak-anaknya. Dan untuk itu, mulai dari sekarang anak-anaknya juga diajari untuk mengelola usaha ini.
Baik dalam manajemen pengelolaan atau melihat kualitas dan mutu kayu, semua sudah mulai di ajarkan kepada anak-anaknya . Pak Munir berharap usaha Kayu Glugu Kelapa ini tidak berhenti disini saja, akan tetapi terus lanjut semakin besar hingga kegenerasi-generasi berikutnya.

Harga
Untuk harga dari setiap produknya Pak Munir mematok harga bervariasi, tergantung dari jenis dan ukuran produk yang akan dipesan.
Kami menyediakan ukuran kayu beserta harga sebagai berikut :

Ukuran & Harga
Nama Ukuran Harga Keterangan

Blandar        

8cm x 12cm x 3m        

 Rp. 45.000


8cm x 12cm x 4m

Rp. 60.000


8cm x 12cm x 5m

Rp. 75.000


8cm x 12cm x 6m

Rp. 95.000

Usuk

4cm x 6cm x 3m

Rp. 18.000


4cm x 6cm x 4m

 Rp. 23.000         

Usuk

4cm x 6cm x 5m

Rp. 28.000
Reng 2cm x 3cm x 3m Rp. 170.000
Per Iket ( 1 iket 25 biji)
                                    

Harga di atas masih bisa di Nego !!! 

Dengan adanya tabel harga diatas anda bisa mengetahui harga Kayu Kelapa dari kami,dan harga tersebut masih bisa di nego dengan ketentuan -ketentuan yang berlaku. Apabila untuk di jual lagi harga sudah beda lagi ,dan kami membuaka peluang bagi siapapun yang ingin membuka usaha Kayu Kelapa ini ,kami akan menyetok berapapun permintaannya,dan kami akan memberi support,selama masih menjadi agen kami.

Terimakasih sudah mampir ke website kami, semoga semua usaha kami di ridhoi oleh Allah SWT,amiin.








Hormat Kami



P.Munir
Telp / WA 081 553 250 526


# Apabila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan apabila ada pertanyaan silahkan hubungi saya.

1 komentar:

  1. saya punya usaha somel kayu kelapa di pariaman sumatra barat bagi yang berminat jadi penampung hasil olahan kayu kelapa pariaman silahkan hubungi nomor hp 082385884255
    saya jual kayu kelapa yang ruyang atau super seharga 1700000per kubik lokal 900000 perkubik
    di tempat saya ukuran bisa pesan

    BalasHapus